Buku Terbit 2017

Sosiologi Pemerintahan Desa

Penulis : Dr. Suwaib Amiruddin, M.SI

Editor : Agus Aan Hermawan

ISBN : 978-602-60796-1-9

Terbit Tahun : 2017

Copyright, Desanta, 2017

Buku ini membahas tentang Konsep Sosiologi Pemerintahan Desa, Sistem Pemerintahan Desa, Struktur dan Lembaga Pemerintahan Desa, Lembaga dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Interaksi Pemerintahan Desa, Perangkat dan Birokrasi Pemerintahan Desa, Etika Pemerintahan Desa, Demokrasi dan Pemilihan Kepala Desa, Otonomi Desa.

Peran pemerintahan desa pada masa era reformasi memiliki penguatan yang sangat mandiri dalam mengelola sistem pemerintahannya baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, hingga pada hasil yang diperoleh dari dampak pembangunan yang dilakukan. Secara historikal  masyarakat desa memiliki sumbangsi yang sangat besar dalam membangun bangsa, mulai dimasa feodal, kolonial, perang kemerdekaan dan pasca kemerdekaan hingga era reformasi saat ini.

Perkembangan dan dinamisasi akan kebutuhan masyarakat desa telah memberikan warna tersendiri dalam mencarikan solusi alternatif bagi kehidupan desa dan masyarakatnya. Sistem pemilihan kepala desa yang dipilih secara langsung oleh rakyat, telah mewarnai prinsip demokrasi pada sisitem pengelolaan pemerintahn desa. Perkembangan pembangunan desa sejak diberlakukannya penguatan otonomi desa dalam aspek pengelolaan keuangan desamenyebabkan terjadinya pembangunan tidak terprogram dengan baik, karena sudah  muncul juga rasa egoisme dalam mewujudkan kepemimpinan yang silih berganti.

Berbagai kebijakan pemerintah desa, saat ini berjalan berdasarkan perkembangan dan kewenangan yang berdasarkan pada masuknya arus penggunaan teknologi sehingga memaksa desa perlu mendukung kebijakan dalam bidang pelayanan berbasis teknologi. Sebagai suatu bentuk organisasi pemerintahan, desa memiliki otonomi asli. Otonomi asli yaitu hak dan wewenang untuk mengatur dan mengurus atau menyelenggarakan rumah tangganya sendiri, yang diperoleh dari dalam masyarakat desa itu sendiri berdasarkan hukum adat.

Please follow and like us:

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *