Buku Terbit 2019

Kepemimpinan Strategik

Oleh : Dr. Puji Isyanto, SE.MM

Dalam praktik manajerial sehari-hari, para manajer dan para investor sering menghadapi isu-isu manajemen yang serupa. Setiap pilihan yang mereka buat merupakan dasar untuk keberhasilan mereka. Dilema sering dihadapi seorang manajer ketika harus berhadapan dengan suatu masalah strategik. Setiap manajer tentunya akan mengambil keputusan sendiri tentang masalah tersebut, untuk menemukan keseimbangan yang tepat. Misalnya, para manajer membahas tentang pentingnya inovasi, bahwa mereka harus fokus pada aplikasi baru, tawaran baru, pasar baru, dan lain sebagainya. Akan tetapi keuntungan dari suatu inovasi berada di depan.

Para manajer juga harus mendapatkan hasil yang optimal dari bisnis yang dijalankannya pada saat ini. Dilemanya, jika mereka tidak berinvestasi, akan datang  saat dimana bisnis yang dijalani saat ini akan menurun tanpa adanya suatu langkah inovasi baru untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Namun jika mereka berinvestasi terlalu besar, dapat juga membahayakan kelangsungan bisnis saat ini. Disinilah perlunya pemikiran dan pengambilan keputusan strategik yang tepat, dalam melaksanakan praktik manajemen yang dilematis dan penuh persaingan.

Buku tulis ini merupakan sekelumit pembahasan tentang kepemimpinan strategik dan tren kepemimpinan dalam organisasi masa depan yang mudah-mudahan bermanfaat bagi para pemimpin yang ingin mengembangkan karir dalam kepemimpinan strategik. Semoga setelah membaca buku ini para pelaku organisasi dapat terinspirasi dan menemukan acuan yang sesuai berkenaan dengan pilihan strategik  yang akan diambil dalam menghadapi persaingan dan ketidak pastian.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *