Buku Terbit 2018

Mewujudkan Mimpi Rakyat Kota Cilegon

Penulis : H. Reno Yanuar

Editor : Supriyadi, MM

ISBN : 978-602-6159-84-7

Tahun Terbit : 2018

Penerbit : Desanta Muliavisitama

Buku ini secara khusus dilatarbelakangi oleh minimnya referensi yang membahas dan mengulas tentang berbaga persoalan pembangunan daerah, khususnya pada tingkat Kota Cilegon. Kalaupun ada, referensi tersebut lebih banyak didominasi oleh informasi yang diberitakan oleh Pemerintah, sebagai pelaksana dari pemerintahan di daerah. Agar informasi yang didapat berimbang, maka diperlukan referensi penunjang yang secara umum dapat dijadikan sebagai rujukan bagi para pembaca, khususnya dalam memahami berbagai persoalan yang terjadi di daerah, khususnya di Kota Cilegon.

Dalam proses pembangunan, khususnya pembangunan daerah yang saat ini sedang giat-giatnya dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Cilegon, kita mendapati bahwa masih banyak aspek-aspek yang masih harus diperbaiki dan ditingkatkan, baik dari sisi perencanaan, proses maupun output dan out came nya. Mengapa demikian? Penulis melihat secara obyektif bahwa dengan kondisi Kota Cilegon sampai diusianya yang ke 18 tahun ini, sepertinya belum mampu mewujudkan apa yang menjadi harapan dan keinginan sebagian besar rakyat Cilegon. Persoalan kemiskinan, pengangguran, perencanaan tata kota yang semrawut, kondisi kesehatan yang juga tidak kunjung membaik adalah sebagian kecil dari persoalan-persoalan yang menurut penulis merupakan impian dari setiap masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Dengan jumlah penduduk yang relatif sedikit, dengan tingkat pertumbuhan pendapatan asli daerah yang setiap tahun meningkat ternyata tidak berbanding lurus dengan harapan-harapan rakyat. Idealnya, dengan kondisi tersebut, rakyat semakin sejahtera dan terjamin kelangsungan hidupnya, baik dari sisi pekerjaan maupun peluang mendapatkan usaha yang lebih baik lagi. Namun, kenyataan dilapangan ternyata tidak smenunjukkan prestasi yang menggembirakan. Rakyat Cilegon dibeberapa tempat dapat kita lihat kondisinya sungguh sangat memperihatinkan.

Sebagai seorang yang lahir dan besar di Kota Cilegon, penulis merasa terenyuh dan bertanggungjawab untuk memperbaiki kondisi dan keadaaan yang saat ini berlangsung didepan mata. Dan sebagai salah satu bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial, penulis mencoba mengidentifikasi dan merumuskan berbagai persoalan serta agenda-agenda strategis yang sehausnya dikerjakan oleh pemerintah melalui sebuah tulisan sederhana ini. Kehadiran buku ini memang tidak menjamin persoalan dapat selesai dengan cepat, tetapi secara proses, jika kita berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi daerah, terlebih lagi proses tersebut terencana dengan baik, maka bukan satu hal yang mustahil persoalan-persoalan yang terjadi dan didambakan oleh rakyat Cilegon dapat terwujud dengan cepat.Buku ini penulis beri judul, Mewujudkan Mimpi Rakyat Kota Cilegon.

Buku ini merupakan ikhtiar penulis dalam membaca dan mengamati berbagai hal yang menjadi kebutuhan dan keinginan dasar masyarakat, khususnya warga Cilegon. Dalam penulisan buku ini, penulis menitikberatkan persoalan pada aspek-aspek dasar yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Moto Kota Cilegon, “Akur Sedulur Jujur Adil dan Makmur” seharusnya menjadi spirit yang mampu menjadikan kesejahteraan secara merata untuk rakyat Cilegon, bukan hanya segelintir orang atau kelompok saja. Cilegon adalah milik rakyat, maka rakyatlah yang harus diutamakan dalam membangun kesejahteraan. Bukan kelompok, golongan atau segelintir orang yang memiliki akses kepada pemerintah semata

Please follow and like us:

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *